• Posted by : Unknown Minggu, 19 November 2017


    SURAKARTA, Mahasiswa tidak hanya menjadi subjek dalam pembayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mahasiswa sebagai pribadi yang intelek sudah sepantasnya tahu lebih dalam apa itu UKT, yang notabenenya sebagai roda perekonomian sebuah universitas. Dari manakah penetapan besaran UKT, yang digadang-gadang untuk biaya kuliah yang berkeadilan sesuai kemampuan. Kemanakah larinya UKT, yang mana fasilitas masih tidak memadai. Makadari itu, untuk menambah pengetahuan kita tentang siklus UKT yang terdapat dalam sebuah universitas dan agar kita tidak melulu dibodohi oleh aturan, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi (HIMADIKSAN) mengadakan diskusi rutin jilid 3 dengan pokok permasalahan “POLEMIK UANG KULIAH TUNGGAL”.



    Diskusi rutin jilid 3 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 31 Oktober 2017 pukul 15.30 WIB di Ruang C206 Lantai 2 Gedung C FKIP UNS (Ruang Kuliah Pendidikan Sosiologi Antropologi). Sebagai pengisi acara atau pemberi materi ada dua orang mahasiswa dan mahasiswi, bernama Gilang Ridho Ananda selaku Presiden BEM UNS Terpilih 2018 dan Fatwa Trimura Ajeng selaku Menteri Kajian Kebijakan Kampus BEM UNS 2017.

    Diskusi yang dipandu oleh Ardelia sebagai MC berlangsung selama kurang lebih 2 jam itu membahas tentang berbagai permasalahan yang berkaitan dengan UKT, mulai dari alur sanggah UKT yang musti dilakukan oleh mahasiswa jika ingin mendapatkan keringanan UKT, kemudia dibahas pula tentang perlunya transparansi UKT sehingga dengan adanya transparansi UKT oleh petinggi universitas maka mahasiswa akan bisa memahami arus atau siklus UKT dalam fakultas maupun universitas. Misalnya saja yang sering terjadi, mahasiswa sudah membayar UKT dengan nominal yang telah ditentukan, tetapi mereka belum bisa menikmati fasilitas kampus yang memadai seperti lapangan basket yang rusak. Selain itu, jika mendapatkan dana dari fakultas maka akan mendapat potongan, alasan kenapa harus ada pemotongan dan dikemanakan potongan itu, mahasiswa memerlukan transparansinya.


    Acara diskusi rutin yang ketiga kalinya ini mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi sendiri karena rasa keingintahuan mereka tentang UKT. Selain itu terlihat keantusiasan mereka dalam sesi sharing dengan pembicara. Selain itu, acara ini berjalan baik meskipun cuaca di hari itu tidak cerah :) 

  • - Copyright © HIMADIKSAN FKIP UNS - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -